7 Cara Biar Motor Kamu Jadi Lebih Irit dan Kencang

Cara Membuat Motor Jadi Irit
Cara bikin Mesin Motor Jadi Irit
ManiaXMotor, Cara Membuat Motor Jadi Irit - Pernah tidak kamu ngerasaain motor yang kamu tunggangi boros bahan bakar? Nah, kan repot kalau motor kamu boros..

Tapi tenang, kamu pun bisa kok mensiasati biar motor kamu nggak boros lagi.. Gimana caranya? Untuk membuat motor jadi lebih #irit dan #kencang kamu bisa melakukan beberapa cara seperti dibawah ini.. Tapi jika kamu tidak yakin, kamu bisa menyerahkan motor kamu ke mekanik atau bengkel motor ahli biar motor kamu makin banter dan irit bensin..

1. Papas Head

Papas HeadSelain porting polish, kamu bisa melakukan proses pemapasan pada bagian head motor. Cara ini dilakukan untuk memadatkan dan juga menaikkan rasio kompresi pada mesin motor, sehingga motor tunggangan kamu jadi lebih bertenaga.

Tapi perlu digaris bawahi, proses pemapasan pada bagian head ini cukup berisiko lho yaa, lebih lagi jika kamu kurang paham dengan kondisi mesin motor.

Maka dari itu, butuh kejelian, ketelitian dan juga penghitungan yang pas antara posisi head, boring, dan komponen lainnya seperti pada busi, klep dan seker biar nggak ‘tabrakan’.

2. Porting Polish

Porting polish ini bisa kamu lakukan biar motor tunggangan kamu jadi lebih kencang dan irit bahan bakar. Porting polish ini dilakukan di bagian head kendaraan, untuk melancarkan proses hisap dan buang saat mesin melakukan pembakaran.

Porting polish sendiri memiliki fungsi menambah ‘nafas’ dan memberi power tenaga pada motor, sekaligus membuat proses hisap dan proses buang torsi jadi lebih efisien.

3. Perbesar Klep

Khusus motor bermesin 4 tak, klep digunakan sebagai pengatur proses pembuangan dan penghisapan ( in ex ). Dengan melakukan perbesaran pada klep in dan ex, mesin motor akan tenaga yang kuat, serta lebih efisien dalam hal pembakaran bahan bakar, Atau kamu juga bisa melakukan hal-hal seperti ini:

  • Pembuatan head dengan jumlah klep yang banyak (3 klep)
  • Penggunaan noken as yang memiliki kualitas baik
  • Penggantian head dengan sistem DOHC (khusus buat motor yang masih mengadopsi sistem SOHC Dual Valve)


4. Rajin Melakukan Service

Service ringan pada mesin dan karburator adalah salah satu perawatan rutin yang wajib kamu lakukan untuk menjaga kondisi motor kamu agar lebih bertenaga. Namun kamu juga kudu memperhatikan hal-hal ini saat service motor ringan:

  • Service dan bersihkan karburator dengan tuntas.
  • Bersihkan kerak pada bagian head, klep, dan piston.
  • Bersihkan busi, dan ganti ketika harus diganti.


5. Majukan Timing Pengapian

Timing pengapian bisa dimajukan. Biar proses pembakaran lebih cepat dan efisiensi bahan bakar menjadi lebih baik, kamu bisa memajukan timing pengapian dengan mengganti komponen-komponen seperti ini:

  • CDI; gunakan CDI dengan kurva pengapian yang lebih cepat, atau kamu bisa menggunakan CDI yang timing pengapiannya dapat diatur manual.
  • Koil; koil sendiri bisa digunakan untuk memperbesar api yang nantinya akan membakar AFR pada ruang bakar.


6. Mengganti Komponen ECU atau ECM

Komponen mesin ECU atau ECM pada motor modern saat ini sudah mengadopsi teknologi full injection, yang otomatis dapat diatur oleh komputer. Ini artinya setiap motor yang memiliki sistem pembakaran fuel injection pastilah memiliki ECM atau ECU yang mengatur.

7. Jangan Gunakan Ban dengan Ukuran Lebih Besar

Penggunaan ban motor standar pabrikan merupakan cara terbaik. Mengganti ban standart dengan bah racing hanya akan membuat mesin menjadi berat dan malah membuat motor akan semakin terasa berat. sehingga proses pembakaran berlebihan akan menjadikan motor kamu jadi lebih boros.

Itulah beberapa cara agar motor jadi lebih irit bensin dan kencang. Jika dirasa kamu kurang yakin bisa oprek-oprek motor kamu. Mendingan motor kamu dibawa ke bengkel agar tidak terjadi kerusakan serius akibat ketidak tahuan kita pada mesin motor.

0 Response to "7 Cara Biar Motor Kamu Jadi Lebih Irit dan Kencang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel